PRODUCTS   magna


 
 
 
 
 
 
   
 
Home >> Lupromax® Engine Additive Bookmark and Share
 



Pengujian

Berbagai pengujian telah dilakukan dalam mendukung konsep pemasaran "Seeing is Believing", untuk produk LUPROMAX® EA – ENGINE ADDITIVE diantaranya adalah pengujian dengan menggunakan alat uji "Timken Load Machine (ASTM No. 2782)", pengujian "Dyno Test (Dyno Dynamics Dynamometer)" serta Pengujian Ketahanan Pelumas melalui laboratorium SGS, dimana dari hasil pengujian tersebut dapat dibuktikan bahwa produk LUPROMAX® EA – ENGINE ADDITIVE mampu meningkatkan performa mesin, dimana hanya dalam tempo 15 menit setelah produk LUPROMAX® EA – ENGINE ADDITIVE dituangkan ke dalam mesin akan membuat suara mesin kendaraan menjadi lebih halus, tarikan lebih enteng, menambah tenaga serta meningkatkan akselerasi pada mesin kendaraan.

Demikian pula dengan fungsi proteksi yang luar biasa, dimana produk LUPROMAX® EA – ENGINE ADDITIVE sanggup memberikan perlindungan maksimum terhadap mesin dari gesekan (friction), baik dalam kondisi kelebihan beban (over load), kelebihan panas (over heat), kecepatan (over speed), kontaminasi dari karbon, karat dan air serta dalam kondisi extreme lainnya.

Hal yang tidak kalah menarik, LUPROMAX® juga telah melakukan Uji Coba Kedahsyatan Produk LUPROMAX® EA – ENGINE ADDITIVE dan berhasil memecahkan REKOR MURI bahkan REKOR DUNIA, dalam Ketahanan Mobil dan Motor Berjalan Tanpa Pelumas, dimana mobil menempuh jarak sejauh 283,8 KM selama 8 jam 5 menit dan motor sejauh 242,8 KM selama 8 Jam 10 menit dalam kondisi tanpa oli sama sekali. Keberhasilan Pemecahan REKOR MURI – DUNIA dalam Ketahanan Mobil dan Motor Berjalan Tanpa Pelumas, membuktikan bahwa produk LUPROMAX® EA – ENGINE ADDITIVE sanggup memberikan perlindungan maksimum pada mesin kendaraan bahkan dalam kondisi extreme sekalipun.

I. TIMKEN LOAD MACHINE (ASTM D 2782 Test Method)


Timken Load Machine merupakan alat uji berstandar internasional, yakni sesuai dengan American Standard Test Method / ASTM No. D 2782. Timken Load Machine digunakan untuk menguji ketahanan dari suatu pelumas terhadap beban (load carrying capacity) dan kondisi beban extreme (extreme pressure) lainnya.

Timken Load Machine dilengkapi dengan motor dan pulley untuk memutar roda bearing pada kecepatan 1200 rpm serta dilengkapi dengan ampere meter yang berfungsi untuk mengukur tahanan pada saat terjadi "friction" atau gesekan pada permukaan metal dari Timken Bearing.

Timken Load Machine dilengkapi pula dengan beban yang ditunjang oleh tuas beban dan mempunyai ratio perbandingan beban 1 : 45.

Pengujian dengan Timken Load Machine ditujukan untuk menganalisa ketahanan oli atau pelumas yang diuji terhadap terjadinya "friction" atau gesekan pada permukaan metal dari Timken Bearing akibat beban dan kondisi beban extreme lainnya. Selanjutnya akan dilaksanakan pengukuran terhadap goresan (scar) yang terjadi pada Timken Bearing akibat gesekan pada permukaan metal.

PROSEDUR PENGUJIAN
  • Pengujian dilakukan dengan menggunakan 6% produk LUPROMAX® EA - ENGINE ADDITIVE dan dilakukan komparasi dengan produk pelumas yang beredar di pasaran terhadap kondisi beban minimum yang setara dengan 210 Kg sampai dengan beban maksimum yang setara dengan 456 Kg.

  • Kemudian pengujian dilanjutkan dalam kondisi yang lebih extreme, dimana dilakukan pencampuran dengan pasir sebagai pendekatan dari adanya kontaminasi gram, deposit karbon dan karat dalam pelumas.

  • Selanjutnya dilakukan pencampuran dengan air sebagai pendekatan dari adanya kontaminasi air yang mungkin terjadi akibat proses kondensasi dan proses lainnya dalam pelumas. Kontaminasi air pada pelumas akan menyebabkan terjadinya emulsi yang akan menurunkan viskositas dan daya lubrikasi dari pelumas.

  • Pengujian dilanjutkan dalam kondisi sangat extreme, dimana campuran pelumas dibakar dengan menggunakan gas burner sampai suhu setara dengan 500oC.

  • Pengujian diakhiri dengan menjalankan bearing dan Timken bearing dalam kondisi tanpa campuran pelumas sama sekali.


Dari hasil pengujian dengan menggunakan alat uji Timken Load Machine (ASTM D 2782 Test Method), LUPROMAX® EA - ENGINE ADDITIVE terbukti dapat mengurangi gesekan (friction) pada Timken Bearing dan membuktikan bahwa produk LUPROMAX EA – ENGINE ADDITIVE dapat meningkatkan daya lubrikasi dari pelumas serta mampu memberikan perlindungan maksimum dalam kondisi extreme sekalipun.

Hasil pengujian dapat dilihat pada "Extreme Pressure and Lubricity Test" SGS Analysis Report, No. JMC/10005351A/04.


II. DYNO TEST (DYNO DYNAMICS DYNAMOMETER)

Pengujian DYNO TEST dilakukan untuk mengukur seberapa besar peningkatan tenaga (horsepower) dan torsi (torque) antara sebelum dan setelah penambahan 6% produk LUPROMAX® EA - ENGINE ADDITIVE pada pelumas yang beredar di pasaran.

Pengujian dilakukan di PT. Khatulistiwa Surya Nusa, Jl. Pramuka Raya Kav. 69, Jakarta dengan menggunakan Kendaraan Toyota Rush 1500 CC, tahun 2008 dengan nomor kendaraan B 117 PN pada tanggal 12 Agustus 2010.

CATATAN PENGUJIAN
Pada saat penambahan 6 % produk LUPROMAX® EA - ENGINE ADDITIVE, kendaraan hanya dijalankan selama 15 menit sebelum dilaksanakan pengujian DYNO TEST. Hal ini dimaksudkan untuk mengukur seberapa besar peningkatan tenaga (horsepower) dan torsi (torque) dalam tempo 15 menit setelah produk LUPROMAX® EA - ENGINE ADDITIVE dituangkan ke dalam mesin kendaraan.

Tabel Uji Dyno Test



Dari hasil pengujian DYNO TEST didapatkan bahwa dalam tempo 15 menit setelah penggunaan produk LUPROMAX® EA – ENGINE ADDITIVE diperoleh peningkatan Max Wheel Power sebesar 1,3 HP dan Wheel Torque Condition sebesar 2,6 FtLb. Hasil pengujian DYNO TEST ini menunjukkan bahwa produk LUPROMAX®dalam tempo 15 menit setelah produk LUPROMAX® EA - ENGINE ADDITIVE dituangkan ke dalam mesin kendaraan akan membuat tarikan menjadi lebih enteng, menambah tenaga dan meningkatkan akselerasi pada mesin kendaraan.

GRAFIK HASIL PENGUJIAN DYNO TEST

III. ANALISA PELUMAS

Pengujian analisa pelumas dilakukan di PT. CORELAB INDONESIA untuk menguji apakah setelah kendaraan menempuh jarak 25.000 Km, pelumas yang telah diberikan 6% produk LUPROMAX® EA - ENGINE ADDITIVE masih memenuhi persyaratan untuk digunakan.

Pengujian dilakukan dengan mengunakan:
  • Kendaraan : Toyota Avanza 1300 G
  • Nomor Kendaraan : B 117 CQ
  • Tahun Pembuatan : 2008
  • Pelumas : Gasoline Engine Oil
  • Tipe Pelumas : MESRAN 20W-40
  • Dosis LUPROMAX EA : 6 %
  • Tanggal Pengujian : 22 Juni 2011

Dari hasil pengujian di Laboratorium PT. CORELAB INDONESIA, diperoleh hasil bahwa setelah menempuh jarak 25.000 KM, pelumas yang telah mengandung 6% produk LUPROMAX® EA - ENGINE ADDITIVE, masih dapat digunakan dan masih memenuhi persyaratan.



LINK
Foto Kegiatan Dyno Test
Download PDF HASIL ANALISA PELUMAS PT. CORELAB INDONESIA
Download PDF Timken Load Machine ASTM D 2782
"Extreme Pressure and Lubricity Test" SGS Analysis Report, No. JMC10005351A04 (page 1)
"Extreme Pressure and Lubricity Test" SGS Analysis Report, No. JMC10005351A04 (page 2)
"Extreme Pressure and Lubricity Test" SGS Analysis Report, No. JMC10005351A04 (page 3)
     
     
 
 
 
All images are copyrighted and property of PT. Magna Indonesia. Copying and using our images without permission from the author are forbidden.